Kios Bazar Ramadhan Disiapkan

Karimun - Pengelola bazar Ramadhan Pasar Puan Maimun Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menyiapkan lebih dari seratus kios untuk pedagang yang akan berjualan sepanjang bulan suci.

"Tahun ini seratus kios lebih, sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai 200 kios," kata M Yunus di Pasar Puan Maimun, Tanjung Balai Karimun, Jumat. M Yunus mengatakan pengurangan jumlah kios karena ada kawasan yang harus bersih dari aktivitas perdagangan.

"Pada badan jalan juga tidak kita bangun kios, tujuannya agar pengunjung merasa nyaman," kata dia. Jumlah kios sebanyak itu, menurut dia, belum cukup untuk menampung semua pedagang."Ada puluhan pedagang yang tidak kebagian kios. Kami akan carikan solusinya bagaimana mereka tetap bisa berjualan," kata dia.

Dia mengatakan, pedagang yang akan mengisi kios-kios merupakan pedagang tetap yang rutin berjualan setiap tahun. "Setiap pedagang kita pungut biaya Rp1,5 juta untuk pembuatan kios. Biaya ini tidak pernah naik, sudah tiga tahun tidak naik," ujarnya. Bazar Ramadhan di Pasar Puan Maimun, kata dia, digelar setiap tahun sebagai pusat jual beli masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri.

Keberadaan bazar Ramadhan, menurut dia, sangat membantu masyarakat di Pulau Karimun Besar maupun pulau-pulau penyangga untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. Bazar Ramadhan digelar selama satu bulan penuh, mulai sore hingga tengah malam dengan jenis dagangan mulai dari pakaian, aksesoris dan barang-barang kebutuhan rumah tangga.

"Biasanya, aktivitas perdagangan bazar sudah dimulai lima hari sebelum puasa," kata dia. Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun Muhammad Yosli mengatakan, bazar Ramadhan diharapkan menjadi pusat perdagangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

"Kita dukung, tapi kita harapkan lebih tertib. Pengelola kita harapkan menyiapkan area untuk parkir," kata dia.

Tidak ada komentar: